Tuesday, April 28, 2009

Tentang Koleris

Banyak kombinasi dari empat kepribadian yang disebutkan..
Tetapi saya termasuk kelompok Koleris - Melankolis..
Saya tau sebagai seorang Koleris, sangat sulit untuk bergaul dengan orang lain dan itu tidak bisa dipungkiri lagi. Seperti halnya yang saya lihat dari kebanyakan blog menulis seperti ini :

KOLERIS
KEKUATAN:
* Senang memimpin, membuat keputusan, dinamis dan aktif
(Saya akui ini benar, bahkan terkadang banyak hal yang tidak secara langsung diputuskan melalui saya.. misalnya saat bepergian dengan teman seringkali saya sebagai koleris terkuat diantara teman-teman saya yang lebih memegang peranan untuk mengatur tujuan bahkan pembagian pembayaran. Tapi sejauh ini, saya nikmati itu semua..)
* Sangat memerlukan perubahan dan harus mengoreksi kesalahan
(Untuk hal ini, mungkin peran melankolis saya lebih berjalan.. sehingga saya tak sering menikmati kesalahan saya karena semua hal saya pikirkan dengan matang.. :) )
* Berkemauan keras dan pasti untuk mencapai sasaran/ target
(Saya sebagai Koleris terkadang mencapai tujuan dengan memanfaatkan kekuatan orang lain.. dan saya sadari itu.. akan tetapi tetap saya yang selalu memegang peranan penting dalam hal tersebut)
* Bebas dan mandiri
(Saya sangat menyukai kata bebas.. sepengetahuan saya orang koleris memang menyukai kebebasan karena sikapnya yang lebih suka mengatur daripada diatur. oleh karna itu, menurut saya, kebebasan bagi orang koleris merupakan suatu hal yang harus diperjuangkan)
* Berani menghadapi tantangan dan masalah
(Tidak salah lagi, bahkan orang Koleris terkadang sering mencari masalah)
* “Hari ini harus lebih baik dari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini”.
(Saya rasa tidak hanya orang koleris yang memiliki pemikiran seperti ini)
* Mencari pemecahan praktis dan bergerak cepat
(Bisa dibilang orang Koleris sangat-sangat anti dengan hal-hal yang berbau lambat.. seperti halnya saya, saya sangat tidak suka melihat seseorang melakukan suatu hal yang mnurut saya mudah akan tetapi terlihat begitu sulit bagi dia)
* Mendelegasikan pekerjaan dan orientasi berfokus pada produktivitas
(Seperti yang saya bilang.. Melankolis, yang selalu berpikir untuk menjawab dengan benar akan mempengaruhi produktivitas seorang Koleris-Melankolis)
* Membuat dan menentukan tujuan
(Saya rasa ini sering terjadi dalam segala hal. Bahkan semakin dewasa, semakin besar pengaruh untuk menentukan tujuan)
* Terdorong oleh tantangan dan tantangan
(Saya sangat suka bila menghadapi tantangan, karena anggapan saya "orang lain" pasti tak akan lebih baik dari saya.. Mungkin hal itu perlu diubah,,)
* Tidak begitu perlu teman
(Sebenarnya menurut saya bukan tidak begitu perlu melainkan tidak begitu punya.. karena pada dasarnya orang koleris bukan tidak perlu akan tetapi tidak banyak orang yang mau menjadi teman seorang Koleris apalagi seorang Koleris sejati)
* Mau memimpin dan mengorganisasi
(Saya selalu menikmati setiap saat menjadi pemimpin ..)
* Biasanya benar dan punya visi ke depan
(Biasanya selalu beranggapan dia benar,, mungkin kata itu lebih cocok bagi seorang Koleris. Karena kebanyakan saat salahpun, saya akan selalu berusaha membuat itu menjadi benar,, hahahhh)
* Unggul dalam keadaan darurat

(Yaa.. ini benar.. karena orang Koleris dapat berpikir dengan cepat. Ditambah sifat Melankolis maka pemikiran saya selalu ditanggapi dengan baik oleh siapapun)

Beberapa kekuatan Melankolis yang ada di diri saya yaitu:

MELANKOLIS:
KEKUATAN:
* Analitis, mendalam, dan penuh pikiran
* Serius dan bertujuan, serta berorientasi jadwal
* Artistik, musikal dan kreatif (filsafat & puitis)
* Sensitif
* Mau mengorbankan diri dan idealis
* Standar tinggi dan perfeksionis
* Senang perincian/memerinci, tekun, serba tertib dan teratur (rapi)
* Hemat
* Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan kreatif (sering terlalu kreatif)
* Kalau sudah mulai, dituntaskan.
* Berteman dengan hati-hati.
* Puas di belakang layar, menghindari perhatian.
* Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi
* Sangat memperhatikan orang lain

Menurut saya, kombinasi ini sangat cocok dengan kepribadian saya.. Walaupun ada sedikit kepribadian yang lain yaitu Sanguinis dan Plegmatis, tapi itu tidak terlalu berperan dalam pola pikir dan kehidupan saya.

Untuk kelemahan-kelemahan yang ada, saya sudah sering berusaha mencoba mengubah dan menghilangkannya akan tetapi cukup sulit untuk mengubah suatu kebiasaan atau pola pikir.

KELEMAHAN KOLERIS:
* Tidak sabar dan cepat marah (kasar dan tidak taktis)
* Senang memerintah
* Terlalu bergairah dan tidak/susah untuk santai
* Menyukai kontroversi dan pertengkaran
* Terlalu kaku dan kuat/ keras
* Tidak menyukai air mata dan emosi tidak simpatik
* Tidak suka yang sepele dan bertele-tele / terlalu rinci
* Sering membuat keputusan tergesa-gesa
* Memanipulasi dan menuntut orang lain, cenderung memperalat orang lain
* Menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan
* Workaholics (kerja adalah “tuhan”-nya)
* Amat sulit mengaku salah dan meminta maaf

* Mungkin selalu benar tetapi tidak populer

KELEMAHAN MELANKOLIS:
* Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan)
* Mengingat yang negatif & pendendam
* Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah
* Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan
* Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah
* Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan (if..if..if..)
* Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan
* Hidup berdasarkan definisi
* Sulit bersosialisasi
* Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik/ yg menentang dirinya
* Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang)
* Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian)
* Memerlukan persetujuan

Mungkin ada beberapa orang yang memiliki kelemahan seperti saya, tapi mari kita ubah itu menjadi kekuatan untuk kita.. saya yakin kita bisa.. Sebagai koleris-melankolis, saya rasa yang bisa menjadi lawan kita yaitu Sanguinis-Koleris / sebaliknya.. Karena Sanguinis cenderung lebih pintar dalam bicara.. dan terkadang membuat kita terbawa oleh kata-kata mereka walaupun kita menganggap itu sebagai suatu hal yang tidak penting.

No comments:

Post a Comment